Jumat, 02 November 2012

MINYAK GOSOK YANG TELAH MENJADI HAL UMUM BAGI MANYARAKAT INDONESIA



MINYAK GOSOK YANG TELAH MENJADI HAL UMUM BAGI MANYARAKAT INDONESIA

Tidak di pungkirin lagi masyarakat Indonesia sejak lama telah menggunakan minyak gosok sebagai salah satu obat, seperti minyak gosok bisa digunakan sebagai obat masuk angin, obat luka, terkilir, serta gatal akibat gigitan serangga. Pengguna minyak gosok di Indonesia bukan hanya pada kalangan dewasa namun minyak gosok juga dapat di gunakan untuk bayi untuk menghangatkan badan.
Beberapa daerah di Indonesia memiliki minyak gosok khas seperti yang umum kita ketahui Minyak Kayu Putih (Ambon), Minyak Telon (Jawa Tengah), Minyak Tawon (Makassar) dan masih banyak lagi jenis minyak gosok lainnya. Aneka ragam minyak gosok di Indonesia dapat dibedakan dengan bau khasnya, sehingga jenis minyak gosok tersebut bisa dibedakan. Indonesia yang kaya jenis tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat mengobati penyakit banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak gosok.
Minyak gosok saat ini semakin beraneka ragam dimulai dari bau yang khas, sampai dengan tingkat kepanasan pada saat mengoleskan ketubuh. Salah stu minyak gosok yang sedang banyak diminati masyarakat Indonesia adalah minyak gosok dengan aroma terapi dengan tingkat kepanasan tertentu pada saat dioleskan ketubuh. Maraknya persaingan industry minyak gosok di Indonesia membuat Minyak gosok semakin beraneka ragam, namun tidak dipungkiri juga bahwa persaingan yang semakin meningkat membuat minyak gosok itu sendiri seringkali dibuat hampir mirip antara satu merek dengan merek lainnya. 
Meningkatnya minat masyarakat akan penggunaan minyak gosok membuat semakin banyak pula beredar minyak gosok yang beraneka ragam dan iklan tawaran yang menarik dapat memancing konsumen untuk menggunakan. Namun perlu diingat bahwa konsumen attau mansyarakat perlu jeli dalam memilih minyak gosok yang akan digunakan agar terhindar dari efek negative dari oknum-oknum yang menyalah gunakan pembuatan minyak gosok yang benar dan yang dianjurkan. Gunakan minyak gosok yang telah terdaftar di BPOM, jika minyak gosok tersebut merupakan minyak gosok tradisional maka dapat dilakukan tes pada sebagian kecil kulit tangan, tunggu reaksi minyak gosok tersebut, jika kulit memerah atau alergi maka hentikan penggunaan minyak gosok tersebut.



Nama : Nadir
Nim   : 09220068
Universitas Muhammadiyah Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar