Jumat, 02 November 2012

PENGOBATAN TRADISIONAL DENGAN DAUN JAMBU BIJI



PENGOBATAN TRADISIONAL DENGAN DAUN JAMBU BIJI

Semakin berkembangnya ilmu kesehatan tidak membuat pengobatan secara tradisional hilang betu saja. Tehnik pengobatan tradisional sekarng ini banyak kita jumpai, mulai dari tehnik totok, tusuk jarum sampai dengan pengobatan yang menggunakan bahan herbal. Namun perlu di ingat dan diperhatikan pengobatan tradisional yang sering kali di anggap ketinggalan zaman dan sering kali membuat mansyarakan awam salah kapra, harus diluruskan.

 Pengobatan tradisional memang merupakan pengobatan yang menggunakan metode dan resep tersendiri dan tidak menggunakan alat-alat medis modern. Pengobatan tradisional biasanya dipelajari dari turun temurun bahkan tidak sedikit masyarakat awam yang mengerti dan memahami cara pengobatan secara tradisional. Pengobatan tradisional bisa dilakukan dengan metode yang sederhana, conton yang umum kita ketahui adalah pengobatan yang menggunakan Daun Jambu Biji yang sering kita jumpai, bahkan tidak jarang masyarakat menanam pohon Jambu Biji dihalaman rumah.
Khasiat Daun Jambu Biji bisa mengobati penyakit Diabetes, Diare, Disentri serta dapat di gunakan sebagai obat mencegah infeksi luka luar seperti luka benturan, lecet dan luka syaraf.
Cara-cara pengobatan dengan menggunakan Pucuk Daun Jambu Biji
Diabetes
Diare dan Disentri
Luka Luar
Pucuk daun jambu biji di cuci bersih lalu di keringakan hingga menyerupai daun teh. Penelitian di Jepang menemukan fakta bahwa teh daun jambu biji dapat menurunkan glukosa darah pada penderita penyakit diabetes (menghambat enzim  alpha-glukosidase).
Pucuk daun jambu biji di cuci bersih lalu direbus dengan air, 2-3 pucuk daun jambu biji bisa direbus dengan 1 gelas air, pucuk daun jambu biji juga bisa dimakan langsung. Pengobatan Diare dan Disentri juga bisa mengguanakn teh daun jambu biji.
Pucuk daun jambu biji ditumbuk lalu dioleskan pada luka.

            Bukan hanya daun jambu biji yang berhkasiat untuk pengobatan namu buah jambu biji  (psidium guajava) memiliki andungan Vit C, A, B kompleks, serat dan banyak mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah jambu biji merah dapat berkhasiat meningkatkan trombosit darah pada penderitan demam berdarah


Nama : Nadir
Nim   : 09220068
Universitas Muhammadiyah Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar